Setup Internet Information Service on Windows 7 - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Friday, October 23, 2015

Setup Internet Information Service on Windows 7

Internet information service (IIS) merupakan sebuah web server yang digunakan pada platform windows server. Namun tidak hanya terbatas pada windows server saja, pada windows desktop seperti windows XP, windows 7 maupun windows 8, IIS dapat diinstall dan dikonfigurasikan jika memang dibutuhkan. Meskipun bisa diaplikasikan pada windows desktop, performa IIS tidak akan sebaik jika diterapkan pada windows server. 


Artikel kali ini akan membahas bagaimana melakukan instalasi dan konfigurasi IIS pada windows 7. IIS yang sudah dibenamkan pada windows 7 adalah versi 7. Mari kita lanjut ke inti pembahasannya,
1. Aktifkan IIS melalui Control Panel -> Programs -> Programs and Features, klik Turn windows features on or off

2. Pilih ceklist kotak pilihan pada Internet information service lalu klik OK, tunggu beberapa saat untuk proses mengaktifkan IIS. Jika ingin mengetahui lebih detail mengenai fitur apa saja yang akan diinstall pada IIS ini silahkan klik tanda Plus disisi sebelah kiri. Anda bisa menambahkan atau mengurangi fitus IIS yang akan diaktifkan.

3. IIS sudah diaktifkan, kita ujicoba untuk mengakses web server tersebut via browser dengan mengakses http://localhost/. Jika suskes maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

4. Default direktory untuk website anda adalah C:\inetpub\wwwroot. Anda bisa menempatkan file website anda pada direktori tersebut. 
5. Selanjutnya kita masuk ke IIS console untuk melakukan konfigurasi. Masuk ke computer management dengan cara klik Start -> klik kanan Computer -> Manage. 

6. Double klik pada IIS manager untuk masuk ke console dari web server tersebut. Secara standar kita sudah memiliki default website dengan default direktori C:\inetpub\wwwroot

7. Secara default website dapat diakses oleh siapapun karena config standar yang diterapkan adalah anonymous authentication, anda dapat mengubah config ini agar user tertentu saja yang bisa mengakses web server ini melalui menu Authentication. 
8. Selain default website, anda juga dapat membuat virtual direktory untuk keperluan sharing file. Caranya klik kanan pada Default website -> Add Virtual Directory. Tentukan physical path atau folder yang akan kita sharing dan tentukan nama aliasnya. 

9. Agar virtual directory tersebut bisa diakses, maka selanjutkan kita perlu melakukan konfigurasi directory browsing. 

10. Double klik Directory browsing, Enable

11. Setelah selesai melakukan config virtual directory, selanjutnya kita tes dengan mengakses http://localhost/publikasi

Sukses..... :)
Selamat mencoba dan silahkan utak-atik untuk konfigurasi yang lain 

No comments:

Post a Comment