Epson Printing Issue After Windows Update - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Thursday, December 21, 2017

Epson Printing Issue After Windows Update

Anda pengguna sistem operasi Windows? Apakah sistem Windows yang anda gunakan selalu up to date terhadap patch-patch yang rutin dikeluarkan oleh vendor? Sebagian besar kita terutama pengguna personal umumnya acuh terhadap hal tersebut karena berbagai alasan. Namun bagi perkantoran, hal patch merupakan kebutuhan yang vital terhadap kemanan perangkat komputasi. Patch-patch sistem operasi memiliki fungsi yang baik untuk menjaga sistem yang kita gunakan dalam kondisi yang lebih safety terhadap kemungkinan-kemungkinan kejahatan cyber. Untuk sistem operasi Windows, pihak Microsoft secara rutin mengeluarkan patch-patch untuk produk mereka. Namun bagi anda pengguna produk lama seperti Windows XP, patch-patch tersebut tidak akan didapatkan lagi karena support untuk produk tersebut telah berakhir. Dengan kata lain sistem operasi lama sangat rentan terhadap kemungkinan kejahatan cyber. 


Untuk sistem operasi yang masih disupport seperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 10, update patch akan rutin dikeluarkan oleh Microsoft secara periodik, salah satunya patch Monthly Rollup dan Security-only update pada 14 November 2017 lalu. 
Patch berfungsi sebagai vaksinasi atau penutup celah-celah keamanan yang mungkin bocor dan dapat dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya. Implementasi patch sejatinya membuat sistem kita menjadi lebih baik dan aman, namun disisi lain patch juga terkadang berdampak pada tidak berfungsinya suatu perangkat atau aplikasi. Seperti daftar patch November 2017 tersebut ternyata berdampak pada tidak berfungsinya proses print pada perangkat printer Epson SIDM (Dot Matrix) maupun TM (POS).

PC yang terintall patch tersebut tidak bisa melakukan fungsi print ke perangkat printer Epson baik yang terinstall maupun sharing printer. Kejadian ini saya alami pada salah satu PC user dengan OS Windows 7 64-bit yang mendapatkan cukup banyak patch. Sempat bingung dengan kejadian yang tiba-tiba aneh, user juga sudah nggak sabar. Akhirnya secara manual, uninstall semua patch yang masuk sebelum issue print itu terjadi. Ada cukup banyak patch yang dibuang lantaran ketidaktahuan tapi proses print bisa berjalan normal kembali. Alhamdulillah.. eh tapi sampai tahap ini masih menyisakan rasa penasaran, patch mana yang bikin masalah ya??

Tak perlu menunggu waktu lama, langsung lakuin jurus sakti dengan bertanya pada mbah google, akhirnya ketemu sebuah artikel terkait dengan issue tersebut yang diterbitkan langsung oleh situs resmi Epson. Pada rilis resmi dari pihak Epson tersebut, anda dapat dengan mudah mengenali patch mana yang memberikan dampak terhadap fungsi printing pada perangkat epson sekaligus patch untuk perbaikannya.

 

https://epson.com/Support/wa00847

Senada, pihak Microsoft pun juga merilis informasi resminya yang bisa diakses pada link berikut 

https://support.microsoft.com/en-us/help/4055038/november-21-2017-kb4055038

Berkat artikel tersebut akhirnya saya tahu patch mana yang buat masalah, ternyata itu to hehe... Setelah tahu mana penyebabnya & bagaimana solusinya, lanjut lagi untuk install patch-patch yang sebelumnya sudah terlanjut di buang. 

Semoga artikel ini bermanfaat.. :-)

No comments:

Post a Comment