Panduan Dasar Instalasi dan Konfigurasi RAMDisk - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Friday, November 04, 2016

Panduan Dasar Instalasi dan Konfigurasi RAMDisk

Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai trik meningkatkan performa komputer tanpa harus upgrade dari sisi hardware, dalam tulisan kali ini akan diulas mengenai panduan dasar instalasi dan konfigurasi RAMDisk. Pastikan dahulu sistem operasi yang digunakan pada pc anda adalah standard minimal requirement dari RAMDisk, yakni Windows 7 dengan memory (RAM) disarankan minimal 2GB. Space kosong yang cukup besar pada harddisk juga berpengaruh terhadap kapasitas virtual RAM yang nantinya akan dicreate oleh RAMDisk. 


Untuk melakukan instalasi pastikan anda sudah memiliki master file instalasi RAMDisk yang bisa anda download pada homepage DATARAM. Double klik pada file installer RAMDisk untuk memulai instalasi 

Ceklist "I accept the terms in the License Agreement" lalu klik Install. 

Secara default folder instalasi RAMDisk akan di arahkan ke "C:\Program Files\RAMDisk", klik change jika anda menginginkan tujuan instalasi pada folder lain. 

Karena RAMDisk yang diinstall adalah versi personal/free maka product features yang tersedia hanya satu, klik Install untuk melanjutkan. Proses instalasi akan berjalan, tunggu hingga selesai dan muncul tombol Finish. 






Gambar diatas menunjukkan tampilan utama aplikasi RAMDisk. Beberapa opsi yang perlu dikonfigurasikan adalah

  1. Untuk pertama kali konfigurasi, opsi When I click start, pilih create a new unformatted disk atau create an new FAT disk. Untuk selanjutkan jika anda sudah menyimpan file image (img) RAMDisk pada harddisk, anda bisa load file tersebut dengan memilih opsi load a saved image.
  2. RAMDisk secara otomatis akan menghitung berapa space kosong pada harddisk yang bisa dipergunakan, hal ini tentunya tergantung besaran free space yang tersedia. Pada contoh diatas, maximum free space yang bisa dipergunakan adalah 23MB. Ubah angka 40 menjadi 23 agar tombol Start RAMDisk berfungsi
  3. Klik tombol Start RAMdisk 

Jika ada peringatan windows security "Would you like to install this device software?" klik Install untuk melanjutkan proses. 

Sistem akan melakukan initialize disk terhadap disk yang tersedia untuk proses create new partition. Karena Disk yang digunakan hanya 1, secara otomatis akan terpilih Disk 1, selanjutnya klik OK.


Terbentuk sebuah disk partition baru dengan kapasitas 22 MB sesuai dengan yang sudah dikonfigurasikan di awal tadi. Partisi ini yang akan berfungsi sebagai virtual RAM untuk menambah performa komputer anda. 

Konfigurasi RAMDisk yang telah anda buat bisa disimpan dalam bentuk image melaui menu File -> Save Disk Image Now kemudian tentukan dimana image tersebut akan anda simpan. Disk image ini bisa sewaktu-waktu melalui RAMDisk. 

Untuk panduan lebih lengkap anda bisa download pada link dibawah. Cuma anda perlu effort lebih untuk menerjemahkannya hehehe.. Semoga artikel ini bermanfaat :-)

Panduan RAMDisk

No comments:

Post a Comment