History SAP GUI Not Recorded - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Friday, January 27, 2017

History SAP GUI Not Recorded

Pagi-pagi dikantor sudah diributin keluhan user.. 
Mas, kok SAP di komputer saya gak bisa nyimpen record history redaksi tulisan seperti login dan lain-lain ya? Biasanya kan tinggal pencet spasi nongol apa-apa yang pernah diketik. Kemaren itu SAP nya error terus di install ulang cuma malah jadi begini. Tolong mas, jadi agak repot nih jadi mesti ngetik ulang.
Sebagai seorang IT support yang baik hehehe.. sudah semestinya mendengarkan keluhan user serta mencari solusi untuk mengatasi permasalah user tersebut. Meskipun tidak ada gambaran masalahnya apa dan solusinya bagaimana tapi tetap yang namanya komplain harus diselesaikan.


Kali ini mencoba untuk troubleshoot secara otodidak tanpa bantuan si mbah (google). Coba buka SAP GUI di komputer sendiri masih normal, semua record history masih ada. Hmmm.. utak-atik sendiri sambil menangani keluhan lain karna kebetulan ada salah satu site yang koneksinya down. Akhirnya ada sedikit pencerahan, ternyata semua record history aplikasi SAP GUI disimpan dalam bentuk database access (.mdb).

Untuk mengetahui direktori tempat penyimpanan database record history kita bisa masuk ke menu option pada aplikasi SAP GUI.


Setelah masuk pada Options SAP GUI, selanjutnya buka opsi Local Data - History, disana dapat dilihat direktory tempat penyimpanan database record history.


Dalam direktori tersebut akan ada satu file database MS Access dengan nama SAPHistoryUser.mdb. Terkait dengan case yang sudah diurai diatas, saya coba lakukan delete file database tersebut dengan terlebih dahulu menutup aplikasi SAP GUI, kemudian membukanya kembali. Setelah di cek pada direktori tersebut ternyata sistem secara otomatis akan membentuk file database baru untuk menyimpan history. Dengan file database baru tersebut akhirnya semua record history bisa tersimpan dengan baik. User pun senang hahaha...



Dari troubleshoot diatas saya tarik kesimpulan bahwasannya file database yang lama corrupt sehingga tidak bisa menyimpan record baru dan record yang sudah tersimpan pun juga tidak bisa terbaca, CMIIW..

No comments:

Post a Comment