Backup & Restore Konfigurasi Router Juniper - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Friday, July 15, 2016

Backup & Restore Konfigurasi Router Juniper

Beberapa hari terakhir ini backup link dikantor sering termonitor down melalui cacti, setelah dicek fisik device router juniper SRX210H, ternyata led indikator port yang digunakan untuk backup link tersebut memang off. Kontak ke teknisi ISP, layanan mereka normal, tidak ada log error. Lalu kenapa bisa sampai down disisi routernya???

Iseng-iseng, kabel LAN link backup coba untuk dicabut kemudian dicolok lagi ternyata bisa up lagi. Akan tetapi selang beberapa jam atau keesokan harinya, backup link termonitor down kembali, lalu mesti cabut colok kabel supaya bisa up lagi. Sudah dicoba untuk ganti dengan port yang lain pun sama. Wah kalo seperti itu terus repot mesti bolak-balik cek router, bagaimana kalau diluar jam kerja & primary link down? bisa berabe nih..

Setelah cukup lelah bolak-balik dengan kondisi seperti itu, akhirnya kita coba untuk ganti perangkat routernya (untungnya ada backup hehe...). Nah.. sekarang device backup sudah ada, masalahnya sekarang bagaimana caranya memindahkan semua konfigurasi dari active router ke backup router?? Satu hal pasti yang harus dijaga adalah jangan ada konfigurasi yang hilang/kurang. Setelah googling ria, akhirnya nemu juga caranya.. 

Pertama, kita backup dulu semua konfigurasi yang ada di active router. Semua konfigurasi baik yang aktif saat ini maupun rollback tersimpan dalam directory /config. Backup konfigurasi yang aktif saat ini "juniper.conf.gz" menggunakan WinSCP supaya lebih mudah. 

 

Kedua, setelah file konfigurasi active router sudah anda dapatkan, selanjutnya copy file tersebut ke dalam directory root (klik shortcut root untuk masuk ke directory root) pada backup router menggunakan WinSCP. 


Setelah itu, silakan login ke backup router menggunakan Putty atau aplikasi terminal emulator lainnya. Gunakan perintah load untuk merestore konfigurasi backup router menggunakan file konfigurasi yang sudah diperoleh dari activer router. Ada beberapa opsi metode load, gunakan opsi override untuk mengganti semua konfigurasi yang sudah ada di dalam backup router anda.

root@JC% cli
root@JC> edit
Entering configuration mode

[edit]
root@JC# load ?
Possible completions:
  factory-default      Override existing configuration with factory default
  merge                Merge contents with existing configuration
  override             Override existing configuration
  patch                Load patch file into configuration
  replace              Replace configuration data
  set                  Execute set of commands on existing configuration
  update               Update existing configuration
[edit]
root@JC# load override
Possible completions:
Filename (URL, local, remote, or floppy)
juniper.conf.gz Size: 2009, Last changed: May 16 16:06:24
terminal Use login terminal
[edit]

Proses restore selesai. Sekarang posisi konfigurasi backup router sudah sama persis dengan active router. Selanjutnya kita lakukan test & run menggunakan backup router. Loading konfigurasi backup router lumayan lama, sempat khawatir gagal, namun setelah menunggu beberapa menit, alhamdulillah semua koneksi bisa berjalan normal menggunakan backup router. Issue port yang bermasalah pun sudah tidak ada. 

Tetapi masih jadi pertanyaan besar, kira-kira apa penyebab port router itu bermasalah??? Apakah ada masalah dari sisi OS nya??? Atau memang device fisiknya yang bermasalah??? Yang terpenting untuk saat ini semua koneksi normal & tidak ada masalah/komplain :-)

No comments:

Post a Comment