Cek Stuck Pixel LCD Dan Cara Memperbaikinya - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Wednesday, November 23, 2016

Cek Stuck Pixel LCD Dan Cara Memperbaikinya

Bentuk yang ramping serta penggunaan daya yang rendah menjadikan layar LCD menjadi piranti layar utama untuk pc maupun laptop saat ini. Layar LCD (Liquid Crystal Display) adalah tipe display yang menggunakan sistem panel kristal cair yang membentuk grid-grid matriks yang terbentuk dari 3 warna dasar yaitu RGB. Matriks-matriks tersebut hanya menghasilkan warna dan tidak menghasilkan cahaya, maka dari itu tipe layar seperti ini memerlukan backlight atau cahaya latar untuk dapat dilihat oleh mata telanjang. Karena desain yang tipis, piranti ini rentan retak maupun pecah karena benturan. Salah satu kelemahan lainnya adalah adanya stuck pixel yang akan berpengaruh terhadap kualitas display lcd anda. 


Stuck pixel merupakan cacat yang biasa terjadi pada layar LCD, bisa berupa sebuah bintik atau rangkaian bintik atau bahkan untuk kondisi yang sudah akut hanya menampilkan satu warna saja seperti merah, biru atau hijau. Penyebab munculnya stuck pixel antara lain, adanya benturan, adanya medan magnet yang kuat di sekitar LCD, adanya kesalahan pada saat proses fabrikasi atau dari faktor usia LCD itu sendiri. 

Apakah stuck pixel bisa diperbaiki? LCD yang terkena stuck pixel tidak ada jaminan akan bisa diperbaiki secara sempurna, namun kita dapat mengupayakan untuk memperbaikinya meskipun hasilnya tidak 100%. Salah satu tools yang bisa digunakan untuk proses perbaikan stuck pixel adalah PixelRepairer. 

PixelRepairer merupakan freeware yang bisa digunakan oleh siapapun termasuk untuk commersial use. Saat ini aplikasi ini hanya bisa bekerja di platform Windows. Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini, antara lain :
  • Membantu untuk cek pixel yang rusak
  • Membantu memperbaiki pixel yang rusak
  • Bersifat portable, sehingga ringan untuk dijalankan
  • Proses perbaikan dapat dilakukan tanpa harus berhenti bekerja menggunakan komputer
  • Dapat menangani banyak monitor yang terhubung ke komputer
Cek Stuck Pixel
  1. Pilih screen atau lcd yang ingin anda cek (jika ada lebih dari 1 monitor lcd yang terhubung)
  2. Klik tombol Search (gambar loop)
  3. Pilih jenis warna pola yang akan diterapkan atau biarkan default
  4. Klik Enable
  5. Seluruh layar lcd anda akan berubah menjadi satu warna, selanjutnya cek apakah ada bintik stuck pixel pada layar anda (biasanya ditandai dengan warna berlawanan)
  6. Jika anda menemukan ada stuck pixel, selanjutnya anda bisa lakukan mode repair.

Repair Stuck Pixel 
  1. Klik tombol Repair
  2. Klik tombol Add untuk menambahkan Repairer
  3. Anda bisa atur konfigurasi repairer yakni mode, size dan frekuensi
  4. Drag repairer ke titik dimana anda menemukan stuck pixel pada saat pengecekan sebelumnya
  5. Tunggu proses perbaikan dilakukan, sekitar satu jam. Minimize program PixelRepairer dan anda bisa bekerja menggunakan komputer seperti biasa. 
  


Download PixelRepairer (.EXE)
Download PixelRepairer (.ZIP)

No comments:

Post a Comment