Mengatasi Log Penuh Pada Router Juniper - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Thursday, November 24, 2016

Mengatasi Log Penuh Pada Router Juniper

Beberapa hari yang lalu cukup dipusingkan dengan kondisi salah satu network cabang operasional. Perangkat router juniper sama sekali tidak mengirimkan informasi status network dan traffic ke server monitoring, sehingga kondisi network seolah-olah down, tidak ada traffic sama sekali. Tapi herannya dari sisi user tidak ada komplain masalah koneksi sama sekali. Coba untuk login ke router dan cek semua koneksi juga tidak ada masalah. Lalu ada masalah apa sebenarnya dengan router tersebut? Dugaan sementara ada kondisi system yang tidak beres, bisa jadi karena filesystem yang penuh. 


Ketika mencoba akses service SNMP router melalui web browser muncul pesan error yang menginformasikan bahwa device file system full. Tuh kan, berarti dugaan saya benar, padahal dugaan ini tanpa didasari pemahaman terori, hanya dari pengalaman saja hehehe... Karena filesystem full ini mengakibatkan kita tidak bisa mengakses user information pada router. Pada pesan error yang tampil sudah  diberikan petunjuk untuk mengatasi masalah tersebut.


Sebelum mengikuti petunjuk yang ada, saya melakukan cek terhadap storage information. Sungguh mengejutkan, diiketahui bahwa direktori /cf/var/log sudah melebihi batas 100% bahkan available space sampai minus 49MB.


Coba untuk menelusuri lebih lanjut terhadap direktori yang terindikasi full yakni /cf/var/log diperoleh data bahwa ada salah satu log yang ukurannya sudah sangat besar yakni nstraced.


Coba untuk ikuti petunjuk yang ada dengan melakukan pembersihan storage system menggunakan perintah request system storage cleanup namun ternyata tidak membuahkan hasil, kondisi storage router pun tetap tak berubah. Duh.. gmana nih kok tetep gk bisa di cleanup..... Daripada pusing sendiri mendingan pusingnya dibagi sama mbah google siapa tau dapat wangsit hehehe... 

Solusi praktis dan singkat pun akhirnya ditemukan setelah beberapa waktu menelusuri data-data hasil pencarian mbah google. Ternyata kita hanya perlu lakukan clear terhadap log yang over capacity dengan tujuan membersihkan semua isi dari log tersebut tanpa menghapus file lognya. Perintah yang digunakan adalah clear log <filename_lognya> (tanpa tanda <>). 


Tidak butuh waktu lama untuk melakukan proses ini. Selanjutnya saya cek kembali kondisi storage dan trara.... hasilnya, tidak ada lagi over capacity atas direktori dalam filesystem router, semua terpantau normal. 


Service SNMP yang semua tidak bisa dibuka melalui web browser, akhirnya bisa kita akses kembali. 


Alhamdulillah... akhirnya solved juga untuk masalah router yang satu ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.. :-)

No comments:

Post a Comment