Konfigurasi Update Manager Sophos Enterprise Console - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Thursday, October 22, 2015

Konfigurasi Update Manager Sophos Enterprise Console

Setelah sebelumnya kita telah berhasil melakukan instalasi dan upgrading Sophos Enterprise Console serta melakukan setup credential license untuk proses downloading binaries software dari sophos, maka selanjutnya kita perlu melakukan konfigurasi update manager SEC. Konfigurasi ini bertujuan untuk melakukan setup platform software dari endpoint atau user yang akan dimanage, metode distribusi updating file ke endpoint, sert schedule download untuk SEC.

Setup platform software bertujuan untuk menentukan platform OS apa saja yang bisa dimanage oleh SEC. Metode distribusi file akan menentukan direktori yang akan menampung file binaries untuk proses updating endpoint, sedangkan pengaturan schedule download SEC akan berpengaruh terhadap traffic network internet anda. Semakin pendek schedule download, maka otomatis network anda akan semakin terbebani.

Langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi update manager SEC adalah sebagai berikut :
1. Jalankan Sophos Enterprise Console, klik Update Managers

2. Pada kolom update managers akan tampil list PC SEC, klik kanan pilih View/Edit Configuration

3. Pada tab source sudah ter-setup sumber lokasi untuk proses update yaitu Sophos (terconfig pada saat proses instalasi)

4. Geser ke tab subscriptions, pilih opsi recomended pada kolom availabe lalu pindahkan ke kolom subsribed to

5. Geser ke tab distribution, pastikan sudah tersedia direktori share untuk proses update endpoint pada kolom update to

6. Geser ke tab schedule, anda bisa mengubah jadwal untuk proses update thread detection data dan software. Untuk thread detection data secara default dilakukan setiap 10 menit, software updating setiap 60 menit, anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan. 

7. Untuk software updating, karena memerlukan waktu dan bandwidth yang cukup besar maka perlu diatur waktunya agar tidak membebani network. Anda bisa atur dengan memilih opsi setup and managed scheduled updates lalu klik tombol Add. Misalkan proses update dilakukan setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.59 dan dilakukan setiap 2 jam sekali, diluar jam tersebut tidak ada proses update.


8. Untuk konfigurasi logging dan advanced silahkan diatur jika diperlukan, karena by default sudah cukup baik. klik OK jika sudah selesai melakukan konfigurasi. 
9. Selanjutnya kita cek status dari SEC kita apakah sudah up to date atau belum, ada error atau tidak dan kapan terakhir melakukan proses update ke Sophos semuanya bisa kita pantau. 
10. Jika kita ingin melakukan update SEC secara manual, cukup kita klik kanan lalu pilih Update Now

Sampai disini kita sudah selesai melakukan konfigurasi update manager SEC. Selanjutnya SEC akan melakukan proses updating secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah kita setup. 

No comments:

Post a Comment