Create Event Report Sophos Enterprise Console - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Tuesday, August 02, 2016

Create Event Report Sophos Enterprise Console

Report atau laporan menjadi satu hal yang penting bagi seorang administrator untuk mengetahui kondisi server yang dikelolanya tak terkecuali sophos management server. Laporan terkait aktivitas yang terjadi pada server sophos akan menentukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya error yang lebih fatal. Laporan sophos management server bisa di konfigurasi untuk dikirimkan setiap saat kepada sang administrator via email.

Untuk mengkonfigurasi report by email, terlebih dahulu kita harus menambahkan smtp server yang berfungsi untuk mengirimkan email. Klik menu Tools - Configure email alerts, lalu klik tombol Configure.


Jika smtp setting sudah ok, selanjutnya kita bisa setting jenis report yang akan dikirimkan. Buka report manager dengan klik menu report pada SEC. 


Sebagai contoh, saya buat sebuah rangkuman alert dalam satu bulan sebelumnya. Alert ini akan dikirimkan setiap awal bulan jam 09.00 wib. Klik Alert summary lalu klik tombol properties, isikan name dari alert summary yang dibuat dan periode laporannya (ex : last month). 


Selanjutnya klik tab Scedule dan ceklist schedule this report untuk mengaktifkan jadwal pengiriman reportnya. Report akan mulai dikirimkan pada tanggal 01 Oktober 2015 setiap pukul 09.00 wib dalam format PDF ke alamat email tertulis, kita bisa menambahkan lebih dari satu alamat email.


Contoh report yang dikirimkan oleh sophos management server setiap bulannya adalah sebagai berikut
Dari report tersebut bisa kita ketahui, komputer mana saja yang bermasalah. Selanjutnya bisa kita ambil tindakan perbaikan agar masalah tersebut bisa segera diatasi.



No comments:

Post a Comment