Cara Mudah Transfer File Antar Windows & Linux - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Monday, March 02, 2015

Cara Mudah Transfer File Antar Windows & Linux

Melakukan manajemen file lintas platform sistem operasi windows linux mungkin menjadi kesulitan tersendiri terutama bagi orang-orang yang masih awam dengan dunia ini. Mendengar istilahnya saja mungkin sudah terbayang bagaimana sulitnya. Namun anda tak perlu kuatir, banyak aplikasi berbasis windows yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal ini, salah satunya WinSCP


WinSCP merupakan aplikasi open source dibawah naungan Sourceforge yang didesain untuk menjembatani manajemen file lintas platform sistem operasi Windows dan Linux. Aplikasi ini cukup ringan serta memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap untuk mengakomodasi kebutuhan anda. Didukung dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini tidak terlalu sulit untuk digunakan sekalipun bagi yang masih awam.

Untuk menggunakan aplikasi ini anda harus mendownload file installer WinSCP dan menginstallnya pada komputer windows anda. Selain itu aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk WinSCP Portable yang siap digunakan tanpa melakukan instalasi. 


Tampilan login WinSCP

Ketika anda membuka WinSCP untuk pertama kali, anda akan dihadapkan pada form login untuk masuk ke dalam sistem linux yang akan diremote. Isikan hostname, username dan password dari sistem linux anda. Hostname dapat berupa nama komputer atau ip address. Setelah login, anda akan dihadapkan pada jendela yang menampilkan file dan folder yang ada pada sistem windows (kiri) dan sistem linux (kanan).


Jendela utama WinSCP

Untuk melakukan manajemen file dari antar windows dan linux anda bisa menggunakan tombol-tombol menu yang ada (bagian dilingkar merah). Anda bisa dengan mudah untuk melakukan transfer file dari windows ke linux maupun sebaliknya. Create file/folder, modifikasi file/folder di sistem linux juga menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini. Silahkan melakukan explorasi lebih dalam terhadap aplikasi ini untuk mengetahui lebih lanjut fungsi lain dari aplikasi ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.... :)

No comments:

Post a Comment