Mengatasi File Attachment Read Only Pada Thunderbird - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Thursday, September 29, 2016

Mengatasi File Attachment Read Only Pada Thunderbird

Dalam artikel kali ini akan kita bahas mengenai aplikasi mail client Thunderbird. Seperti kita ketahui bahwa, aplikasi besutan Mozilla ini merupakan aplikasi gratis yang bisa digunakan oleh siapapun tak terkecuali perusahaan. Tidak hanya sekedar untuk kirim maupun terima email, aplikasi ini memiliki fitur-fitur lain seperti kalender, task dan chat yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.


Menjelang jam istirahat dikantor, ada user yang mengeluh bahwasannya setiap menerima email yang berisi atatchment dokumen, ketika file tersebut dibuka selalu berstatus Read-Only sehingga tidak bisa langsung diedit. Si user mengeluh harus menyimpan file tersebut untuk kemudian bisa di edit, meskipun tidak menyita waktu tetapi hal seperti ini terkesan memberatkan bagi user. Padahal tidak butuh waktu sampai semenit untuk melakukannya, tapi tetap saja user tidak mau ribet, maunya praktis dan cepat.

Sebagai IT support yang baik (hehehe...) sudah sewajarnya melayani permintaan user tersebut. Usut punya usut ternyata di pc saya sendiri juga sama, semua file attachment ketika dibuka statusnya Read-Only. Akhirnya jurus andalan pun dikerahkan, tolong bantu saya mbah Google.... Beberapa menit searching, akhirnya ketemu juga caranya, berikut langkah-langkah yang mesti dilakukan :

1. Pada aplikasi Thunderbird buka menu Tools - Options - Advanced

 
2. Klik tab General, lalu klik Config Editor, akan muncul warning. Klik I'll be carefull, I promise! untuk mengkonfirmasi peringatan


3. Copy paste kan browser.helperApps.deleteTempFileOnExit pada kolom search















4. Secara default, field tersebut berstatus True. Lakukan dobel klik untuk mengubahnya menjadi False.

 
Akhirnya file attachment yang sebelumnya berstatus Read-Only, bisa langsung di edit tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu. Anda mengalami kasus yang sama, selamat mencoba trik ini, semoga berhasil. :-)

No comments:

Post a Comment