Sinkronisasi Tanggal dan Jam Komputer - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Thursday, March 05, 2015

Sinkronisasi Tanggal dan Jam Komputer

Berawal dari laporan analisa waktu yang terlihat aneh di program operasional kantor, hal ini memicu sedikit perdebatan antar departemen yang terlibat dengan pimpinan perusahaan dan departemen it selaku penanggung jawab maintenance komputerisasi operasional perusahaan. Setelah ditelusur balik ternyata dari beberapa komputer user yang digunakan, waktu yang ditunjukkan tidak sama. Kok bisa? ya bisa lah.. 


Hal tersebut lumrah terjadi pada sebuah unit komputer yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pengaturan waktu secara manual yang memang tidak sama, dan telah habisnya daya baterai CMOS yang terdapat pada mainboard memicu terjadinya hal demikian. Jika memang daya baterai CMOS telah habis, anda harus segera menggantinya karena hal paling fatal yang bisa saja terjadi adalah tanggal dan jam komputer yang akan reset ke waktu tertentu. Jika ini terjadi, bisa bahaya bro.. 

Jikalau permasalahannya hanya selisih menit atau jam yang tidak terlalu signifikan, hal ini wajar dan bisa anda konfigurasikan ulang secara manual. Namun di satu sisi, konfigurasi manual hanya akan menyelesaikan sementara masalah tersebut. Untuk menjaga agar tanggal dan waktu di setiap komputer sama, anda harus melakukan sinkronisasi waktu dengan time server. Sinkronisasi ini bisa anda lakukan dengan mudah, time server sebagai acuan sinkronisasi bisa anda setup sendiri dalam network anda. Namun, jika setiap komputer user telah terkoneksi dengan internet, anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan setup time server. Cukup ambil alamat time server yang sesuai dengan negara/wilayah anda dan isikan pada konfigurasi time di komputer anda. 


Alamat time server bisa anda cari lewat Google atau search engine lain. Dengan adanya sinkronisasi waktu ini maka waktu di setiap komputer pasti akan sama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment