Solusi Awal Check and Repair Bad Sector Harddisk - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Friday, December 12, 2014

Solusi Awal Check and Repair Bad Sector Harddisk

Harddisk menjadi piranti utama sebagai unit penyimpanan data dari sebuah pc atau laptop. Baik data sistem operasi dan program-program aplikasi, maupun data-data pengguna. Karena memegang peranan yang penting dalam sistem komputer, harddisk sudah selayaknya kita cek secara rutin apakah mengalami masalah atau tidak sehingga tidak berdampak pada kehilangan atau kerusakan data yang tersimpan di dalamnya. Masalah yang seringkali timbul berkaitan dengan harddisk adalah kerusakan pada sector penyimpanan data di dalam harddisk tersebut atau lebih dikenal dengan bad sector. 

Bad sector yang terjadi pada harddisk akan menyebabkan data yang tersimpan pada sector tersebut menjadi rusak atau bahkan hilang sama sekali. Munculnya bad sector dipicu oleh beberapa hal seperti tidak stabilnya sumber listrik pada pc atau laptop, sumber listrik yang terputus secara tiba-tiba hingga kejadian fisik yang menyebabkan munculnya bad sector seperti terjatuh atau terguncang. Disisi lain cacat produk juga tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu pemicu munculnya problem tersebut.

Metode sederhana sebagai langkah awal yang bisa dilakukan untuk menganalisa apakah harddisk yang kita gunakan mengalami bad sector atau tidak adalah dengan menggunakan fitur check disk yang sudah tersedia di sistem operasi yang kita gunakan terutama MS Windows. Berikut langkah-langkah memanfaatkan fitur check disk pada sistem operasi MS Windows.

Buka command prompt -> tekan kombinasi tombol Windows + R -> ketik cmd -> Enter
Secara default command prompt menunjuk drive atau partisi yang digunakan sebagai drive sistem operasi (umumnya C:)

Ketik perintah chkdsk-> Enter
Sistem akan melakukan pengecekan drive C:. Drive C: yang berisi sistem operasi umumnya proses check disk tidak bisa dilakukan secara sempurna.

Ketik perintah chkdsk /f -> Enter 
Hal ini bertujuan agar proses pengecekan drive C: dilakukan ketika sistem restart

Untuk melakukan pengecekan pada drive yang lain misalkan D ketikkan D: pada command prompt -> Enter
Kemudian ulangi kembali dengan mengetikkan perintah chkdsk-> Enter

Untuk melakukan pengecekan yang lebih lengkap anda bisa menambahkan parameter /f /r pada perintah chkdsk-> chkdsk /f /r

Jika metode ini tidak menyelesaikan masalah bad sector pada harddisk anda, anda bisa menggunakan software utility yang berguna untuk memperbaiki bad sector seperti HDD Regenerator dan lain sebagainya. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda, sehingga anda bisa melakukan sendiri pengecekan harddisk secara rutin untuk menghindari kerusakan atau kehilangan data akibat bad sector. 

No comments:

Post a Comment