Create USB Bootable With Rufus - Ardi Nets

Latest

learn & share

Random Posts

Monday, December 08, 2014

Create USB Bootable With Rufus

Semakin berkembang dunia komputasi baik dari sisi hardware maupun software terus mendorong adanya inovasi-inovasi baru yang semakin bermunculan sehingga metode-metode yang terdahulu semakin terus tergantikan dengan metode-metode baru yang lebih canggih, cepat dan efisien. Salah satunya penggunaan USB sebagai media bootable. Penggunaan USB sebagai media bootable sebenarnya bukan hal baru lagi, namun disisi lain ada yang merasa masih bingung bagaimana untuk membuat sebuah media bootable yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk melakukan instalasi sistem operasi pada pc.
Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat sebuah USB drive menjadi bersifat portable, salah satunya adalah Rufus. Rufus merupakan aplikasi yang bersifat open source dibawah lisensi GPLv3 dan bersifat portable. Selain ukuran aplikasi yang kecil, rufus juga memiliki keunggulan dalam hal pembuatan USB bootable yang relatif lebih cepat dibandingkan aplikasi lain. Perbandingan kecepatan operasi dari rufus dan berbagai aplikasi lainnya dapat dilihat pada gambar berikut :


Hasil tes pada gambar diatas, menggunakan sebuah pc dengan platform Windows 7 x64, processor Core 2 Duo dan RAM 4GB serta menggunakan flashdrive Adata S102 16GB USB 3.0.


Beberapa jenis kasus yang bisa ditangani dengan menggunakan aplikasi Rufus antara lain :
  • Anda perlu membuat media instalasi USB dari file ISO (Windows, Linux dan sebagainya)
  • Anda perlu untuk bekerja pada sistem komputer yang tidak terinstal sistem operasi
  • Anda perlu untuk melakukan flash BIOS atau firmware lain dari DOS
  • Anda perlu untuk menjalankan aplikasi low-level
Untuk menjalankan Rufus, anda tidak memerlukan spesifikasi komputer dan OS yang tinggi karena aplikasi ini dapat berjalan pada platform minimal Windows XP. Versi terbaru dari aplikasi ini adalah Rufus 1.4.12 yang bisa anda download disini. Versi lain dari aplikasi ini juga bisa anda dapatkan disini.

No comments:

Post a Comment